Friday, March 16, 2012

Wanita Kulit Hitam Indonesia

Beberapa waktu yang lalu aku sempet nyari-nyari artikel soal wanita berkulit hitam. Aku penasaran gimana  pandangan orang tentang wanita berkulit hitam. Akhirnya aku nemuin artikel bagus banget di situs nya beautydaylily.com. Judul artikel nya kalo gak salah “Pesona Kulit Hitam Mengalahkan Kecantikan Kulit Putih”. Keren yaa judulnyaaaa huehehehe. Nih artikel aslinya :

Pesona kulit hitam seringnya tidak disadari oleh para wanita di Indonesia. Ini disebabkan oleh standar kecantikan yang berat sebelah, yang makin diperparah oleh iklan produk-produk kecantikan yang menggunakan model berkulit putih. Ini menimbulkan munculnya berbagai produk pemutih kulit yang menawarkan kulit putih mulus bagi kaum wanita. Lebih buruk lagi, iklan produk pemutih ini menampilkan pencitraan bahwa wanita berkulit hitam kurang disukai karena dianggap kurang cantik, maka mereka diharapkan menggunakan produk mereka untuk menjadi putih, sehingga bisa lebih disukai. Iklan-iklan seperti ini menutupi kebenaran pesona kulit hitam sesungguhnya. Wanita berkulit hitam, tidak kalah mempesonanya disbanding yang berkulit putih. Bahkan, mereka memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang-orang berkulit putih. Para wanita berkulut gelap harus menyadari ini agar mereka mengerti seutuhnya akan pesona kulit hitam mereka.
Eksotis
Banyak yang tidak tahu, sesungguhnya standar kecantikan yang ditetapkan ras kaukasian bagi wanita adalah wanita berkulit gelap. Wanita berkulit pucat dinilai sebagai wanita pasif yang kurang bisa bergaul, sehingga mendapat kulit pucat akibat kurangnya sinar matahari. Pesona kulit hitam membuat wanita-wanita ras kaukasian rela membayar mahal untuk tanning, istilah menggelapkan kulit dengan bantuan panas buatan, yang bisa didapatkan di salon-salon terkemuka. Demam westernisasi kemudian menularkan anggapan ini, bahwa pesona kulit hitam menampilkan wanita yang aktif dan senang bergaul, menandakan kepribadian yang ramah. Pria-pria dengan pemikiran barat di negara ini pun jauh lebih tertarik dengan pesona kulit hitam, yang mencerminkan keanggunan  tersendiri.
Keuntungan
Wanita berkulit gelap tidak hanya memiliki pesona kulit hitam yang eksotis, namun juga kelebihan tersendiri. Menurut penelitian, kulit hitam lebih tahan berkali-kali lipat terhadap buruknya sinar ultraviolet matahari, karena banyaknya pigmen yang terkandung berfungsi sebagai pertahanan terhadap sinar UV. Ini menyebabkan orang berkulit gelap beresiko amat kecil terserang kanker kulit, sementara kulit putih justru sebaliknya. Pesona kulit hitam ternyata juga menjadikan pemiliknya lebih kuat dan tahan banting. Mulai saat ini, berhenti mencoba memutihkan kulit, dan bangga lah dengan pesona kulit hitam.

Menarik kaan yaa artikel di atas. Dan aku setuju kalo orang-orang di Indonesia memang kurang menyadari pesona kulit hitam, terutama wanita berkulit hitam. Banyak diantara mereka yang dipandang sebelah mata karena warna kulitnya. Yang dibilang dekil lah, kucel lah, surem lah, gak menarik lah, gak cantik lah, sampe ada yang ekstrim bilang orang-orang berkulit hitam itu adalah – maaf yaa - orang miskin. Ckckck. Pola pikir tersebut semakin didukung dengan banyaknya pemakaian model berkulit putih yang semakin membentuk pola pikir masayarakat bahwa wanita berkulit putih lebih diminati daripada wanita berkulit hitam. Alhasil munculah berbagai macam produk pemutih kulit dengan promo dan iklan yang – parahnya - mencitrakan bahwa wanita berkulit putih lebih diminati daripada wanita berkulit hitam. Kamu baru bisa dapet cowo kalo kulit kamu putih, kamu bisa dapet kerja kalo kulit kamu putih, kamu bisa eksis kalo kulit kamu putih, kamu baru disukai mertua kalo kulit kamu putih, dan masih banyak lagi pencitraan yang mendukung penjualan produk tanpa memikirkan bagaimana akibatnya terhadap masyarakat terutama orang-orang berkulit hitam ckckck.
Padahal seperti yang pepatah bilang “Don’t judge the book from its cover”. Mereka yang berkulit hitam belum tentu kalah putih hatinya dari mereka yang berkulit putih lhoo. Gak sedikit kok orang berkulit putih yang hatinya gak seputih kulitnya, dan gak banyak orang berkulit hitam yang hatinya juga sehitam kulitnya. Tapi masalahnya, mayoritas orang Indonesia punya kebiasaan udah males melihat isi hati dan kemampuan seseorang kalo liat kulit orang itu hitam. Lebih banyak kesempatan yang diberikan kepada si kulit putih daripada mereka yang berkulit hitam.

Jadi, kesimpulan nya, sepertinya masih sulit untuk merubah mind set orang Indonesia untuk menyadari pesona si kulit hitam deeh. Apalagi kalo masih banyak iklan yang mencitrakan kalo orang kulit putih lebih laku daripada orang kulit hitam. Ternyata orang Indonesia rasis juga yaa….ckckck.

So, what if we just move to Europe or US? It’s a good idea, isn’t it??? :D

2 comments:

  1. ada contoh gambar wanitanya gak yaa...

    ReplyDelete
  2. setuju dech sama kamu..

    ReplyDelete